CARA MENGEMBALIKAN DATA (FILE/VIDEO/FOTO/GAMBAR) YANG TERHAPUS DI ANDROID

Kebanyakan orang menyimpan data penting di hp. Entah itu berupa file, foto, video, gambar, audio dan lain sebagainya...

Yang pasti mereka menyimpan disana.

Salah satu alasannya adalah karena memang hampir sebagian besar data penting tersebut dihasilkan dari handphone...

mengembalikan data di android

Contohnya:
  1. Foto dokumentasi penting dihasilkan dari kamera smartphone
  2. Video dokumentasi penting dihasilkan dari kamera handphone
  3. Audio rekaman penting dihasilkan dari handphone yang ada fitur rekaman
  4. File presentasi penting dihasilkan dari kiriman email atau google doc
  5. Gambar-gambar project penting dihasilkan dari kamera atau kiriman secara online
  6. Dan kawan-kawan...

Kebanyakan contoh di atas memang dihasilkan dari handphone dan fiturnya, tapi ada juga yang tidak. Contohnya anda menjadikan handphone sebagai flashdisk karena bisa dibuat media penyimpanan yaitu di memory..

Hal itu sangat wajar sekali… apalagi memang handphone lebih sering di bawa kemana-mana dan lebih mudah untuk digunakan karena bisa langsung di pegang. Tidak seperti laptop yang lebih ribet cara penggunaannya sehingga anda menyimpan data disana..

Tidak salah memang.

Tapi dengan banyaknya data penting dan anda sering menggunakan handphone. Tidak menutup kemungkinan ada unsur ketidak sengajaan terhadap data anda yang anda di hp.

Misalnya, pas cek gallery, anda lihat foto, video disana dan merasa ada salah satu atau lebih data yang tidak penting. Atau merasa memory sudah terlalu banyak sehingga anda menghapus data itu.

Setelah dihapus, ternyata beberapa waktu berikutnya ternyata data tersebut jadi penting.

Anda berubah pikiran dan seharusnya data tadi tidak dihapus.

Masalahnya anda sudah terlanjur menghapusnya sehingga tidak ada lagi. Padahal itu sangat penting bagu anda misalnya anda ingin buat bahan presentasi, laporan dan lain sebagainya...

Frustasi sudah pasti. Anda pasti kepikiran terus-menerus.

Apalagi tidak memungkinkan untuk memotret/merekam hasil kejadian yang sudah lewat. Anda butuh banget dan urgent banget..

Walaupun begitu anda tidak perlu khawatir. Saya akan coba membantu anda supaya data anda bisa kembali lagi..

Namun dengan catatan, saya tidak akan menjamin data anda kembali semua, tidak menjamin data anda berhasil kembali secara full. Bisa jadi data anda yang setelah dikembalikan jadi cacat.

Artinya tidak full.

Contohnya anda menghapus gambar dengan tidak sengaja dan ingin dikembalikan.

Akhirnya anda mengembalikannya dengan menggunakan cara di bawah yang saya kasih tapi bisa jadi foo anda kembali tapi gambarnya tidak full misalnya separuh terlihat separuh lagi hitam.

karena data yang sudah di hapus dan ingin dikembalikan ada beberapa factor yang perlu anda perhatikan misalnya lama data terhapus. Hal ini sangat berpengaruh terhadap cacat tidaknya data anda. Karena hal ini sangat rentan, bisa jadi setelah anda menghapus data kemudian menyimpan banyak data lainnya. Ada yang di hapus dan dikembalikan lagi, sehingga rasanya memory anda tumpang tindih.

Untuk mengembalikan anda bisa menggunakan cara di bawah ini. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan. Namun, kesemuanya ra-rata menggunakan software. Karena disana ada fitur untuk mengembalikan data supaya data anda bisa kembali.

Tinggal sesuaikan saja lebih cocok menggunakan yang mana. Karena setiap software atau aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mempunyai ciri khas tersendiri.

Ada yang menggunakan batuan komputer, ada yang hanya aplikasi, ada yang hanya bisa mengembalikan foto dan lain sebagainya. Intinya anda bisa mencoba dan memilihnya di bawah ini ya..

Cara Mengembalikan Data Yang Berupa File/Video/Foto/Gambar Yang Terhapus di Android Sampai Balik


1. Kembalikan data yang terhapus dengan software “recuva”

recuva

Recuva adalah sebuah software yang bisa membantu anda untuk mengembalikan data yang terhapus. Lebih dari itu, ketika anda menghapus data pastinya masih mampir di recycle bin. Tapi walaupun di recycle bin sudah kosong juga software “recuva” mampu mengembalikannya.

Selain itu, file atau data yang terkena virus, worm bahkan sejenisnya juga mampu dikembalikannya.

Recuva mampu mendukung banyak file atau berbagai jenis data yang dapat dikembalikan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengembalikan data yang ada di flashdisk, hardisk, maupun di kartu memory yang ada di handphone.

Penggunaannya sangat simple, ukuran softwarenya kecil dan ringan serta prosesnya dapat berjalan dengan cepat. Caranya sekalias sebagai berikut...
  • Anda bisa hubungkan terlebih dahulu memory handphone android anda ke komputer. Anda bisa menghubungkannya dengan bantuan card reader. Setelah terhubung dan terbaca di drive komputer anda bisa menjalankan aplikasi recuva.
  • Klik tombol “Next” selanjutnya anda pilih jenis file atau data yang ingin dikembalikan. Kalau anda bingung bisa pilih “All Files”. Selanjutnya pilih “Next”.
  • Anda lanjut dengan memilih file atau data yang ingin di simpan setelah dikembalikan. Caranya pilih “In a specific location” kemudian pilih “Browse…” dan tentukan tempatnya ya..
  • Anda bisa mencentang “Enable Deep Scan” kemudian pilih “Next”. Tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian anda bisa lihat hasilnya. File atau dokumen anda akan kembali dan bisa digunakan kembali.

2. Cara mengembalikan data yang hilang dengan aplikasi “Dumpster”

dumpster recycle bin

Kalau anda menggunakan komputer pasti tahu recycle bin. Nah, dumpster ini merupakan recycle bin untuk smartphone android dan perangkat tablet anda.

Walaupun anda melakukan kesalahan dalam menghapus data anda tidak perlu khawatir dumpster bisa membantu anda.

Aplikasi ini sangat membantu anda, ketika anda menghapus data secara tidak sengaja maka secara otomatis akan masuk pada dumpster. Anda tidak perlu melakukan backup data seperti aplikasi lainnya.

Kelebihan lainnya anda tidak perlu root perangkat android anda. Tanpa memerlukan koneksi internet juga.

Dengan menggunakan aplikasi dumpster anda bisa mengembalikan gambar, video, file music dan banyak tipe file lainnya. Cara mengembalikannya, simak berikut ini ya...
  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi “dumpster – recycle bin
  • Setelah itu, jalankan aplikasinya. Pertama kali anda buka anda akan di beri opsi untuk melakukan setting. Anda diberi pilihan file apa saja yang ingin ditampung. Sesuaikan dengan keinginan saja atau anda bisa memilih semuanya. Caranya tinggal “on”kan saja mana yang mau di tamping misalya beri “on” pada images, video, audio, documents, other files, apps atau yang lainnya.
  • Ingat karena sifat dari dumpster ini seperti recycle bin maka akan memakan kapasitas juga file yang sudah di hapus. Karena file yang di hapus belum benar-benar terhapus datanya.
  • Kalau anda ingin mengembalikan tinggal pilih file kemudian kembalikan. Setelah itu, anda bisa menghapus data lainnya yang memang benar-benar tidak terpakai lagi sehingga tidak makan memory internal handphone anda.
  • Untuk menghapus data di dumpster anda pilih menu (kiri atas) – pilih “kosongkan sampah” – selesai.

3. Cara megembalikan data yang hilang di android dengan aplikasi DiskDigger Pro

DiskDigger Pro

Bagi anda yang ingin mengembalikan data bisa menggunakan aplikasi DiskDigger Pro. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan syarat Android anda dalam keadaan root.

Beberapa filetype yang bisa dikembalikan oleh aplikasi DiskDigger Pro antara lain seperti JPG, PNG, M4A/3GP/MP4, MOV, GIV, MP3, WAF, TIF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX, ZIP, APK dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya yaitu..
  • Seperti biasa yaitu download dan install DiskDigger dari Play Store
  • Buka / jalankan aplikasinya. Selanjutnya anda bisa memilih lokasi partisi atau memory yang ingin dikembalikan datanya. Drive G (misalnya).
  • Pilih jenis format yang ingin dikembalikan misalnya PNG dan JPG saja. Atau format file video atau audio mungkin. Anda sesuaikan sendiri saja ya – pilih “OK”.
  • Tunggu hingga proses scanning file selesai dilakukan.
  • Maka file yang pernah anda hapus akan muncul. Pilih atau beri centang file yang ingin anda kembalikan. – Pilih “Save” selanjutnya pilih “Save selected files locally”.
  • Terakhir anda buka aplikasi gallery maka foto yang terhapus akan muncul disana.
  • Selesai.

Cara-cara di atas bisa anda gunakan ya, pilih saja yang simple menurut anda. Bisa menggunakan bantuan komputer atau tanpa komputer. Android dalam keadaan root maupun belum di root. Masih banyak cara lainnya...

Semoga bersambung...

0 Response to "CARA MENGEMBALIKAN DATA (FILE/VIDEO/FOTO/GAMBAR) YANG TERHAPUS DI ANDROID"