RESTORE WHATSAPP CHAT, TERBUKTI CARA MENGEMBALIKAN DATA HINGGA 100%

Data itu sangat penting. Seperti bukti chat WhatsApp dengan client misalnya.

Tentu data seperti itu sebaiknya Anda simpan. Karena penting untuk kedepannya untuk bisnis Anda dan lain sebagainya.

Tapi, data seperti ini banyak yang lalai. Mungkin karena tidak tahu caranya, lupa backup sehingga banyak orang yang kehilangan data pentingnya. Atau menganggapnya hanya sekedar saja sehingga terkesan meremehkan.

Kalau sudah hilang, akhirnya bingung...

Pastinya kalau Anda pernah mengalami kehilangan data. Sebaiknya, jangan sampai terulang untuk kedua kalinya. Dan yang belum, jangan sampai lah. Karena rasanya tidak enak sekali...

Backup data WhatsApp Anda terlebih dahulu, sudah Saya tulis sebelumnya di sini:

restore whatsapp

#1. Cara restore WhatsApp chat yang sudah dibuat sebelumnya


Kalau Anda sudah punya file backup di google drive artinya data Anda lebih aman dari kehilangan. Tinggal restore dan semua akan kembali seperti semula.

Ajaib...

- Caranya sangat mudah sekali. Kalau Anda ingin mengembalikan data, ikuti caranya seperti ini.

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Setelah itu install kembali aplikasi WhatsApp yang terbaru dari playsore.
  2. Buka WhatsApp – pilih “Agree and Continue”
  3. Verify your phone number, disini Anda bisa memasukkan nomor yang aktif dan telah digunakan sebelumnya untuk backup chats WhatsApp Anda ke google drive. – “verifikasi”.
  4. Tunggu sebentar WhatsApp akan “looking for backups”. Mendeteksi file backup Anda di google drive.
  5. Apabile ketemu maka file akan terdeteksi dan akan ditampilkan ukurannya. – pilih “Restore” untuk mengembalikan datanya.
  6. Data Anda kembali dengan sangat baik.


- Banyak yang berhasil restore WhatsApp chat, tapi kok punya Saya tidak bisa?
Banyak yang mencoba cara ini dan terbukti berhasil. Keberhasilan mereka mengembalikan data kurang lebih hingga 100% setelah sebelumnya membackup datanya.

Tapi ada juga yang tidak berhasil. WhatsApp tidak menemukan file backup di google drive. Untuk itu, agar berhasil silahkan simak berikut ini.

1. Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
Untuk melakukan backup Anda harus menggunakan akun google yang sama. Jika tidak maka file backup Anda tidak akan terdeteksi pada waktu ingin merestore WhatsApp.

2. Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat cadangan.
Harus menggunakan nomor telepon yang sama. Karena di nomor telepon Anda sudah terbentuk profile akun WhatsApp yang Anda buat sebelumnya. Kalau Anda menggunakan nomor lain itu artinya sudah beda lagi.

3. Kartu SD dan/atau riwayat chat Anda rusak.
Bisa jadi file Anda corrupt. Tapi ini jarang terjadi. Corrupt mungkin karena terlalu lama tidak melakukan backup, proses backup yang terhambat oleh koneksi internet. Jadi sepertinya sukses padahal filenya rusak. Jadi usahakan gunakan koneksi internet yang lancar jaya.

4. Tidak ada file cadangan di akun Google Drive atau cadangan lokal di telepon Anda.
File cadangan Anda tidak ada. Mungkin karena Anda juga sering melakukan aktifitas menggunakan google drive. Mungkin tidak sengaja terhapus dan alasan lainnya.

#2. Kalau tidak ada?, coba ini setidaknya data Anda kembali walaupun tidak 100%


Ternyata selama ini sebagian besar orang belum pernah melakukan backup. Padahal itu sangat penting...

Mungkin baru sadar ketika membaca artikel ini.

Untuk itu, kedepannya jangan sampai lupa lagi. Untuk antisipasi.

Terus bagaimana data Anda saat ini yang terlanjur hilang atau terhapus. Apa bisa kembali?...

Pulihkan data dengan cadangan lokal yang lebih lama (bukan yang terbaru)
Bagi Anda yang sudah terlanjur, coba solusi ini. Walaupun Saya tidak menjamin bahwa data Anda kembali 100 persen. Setidaknya, data Anda masih ada yang kembali.

Anda bisa mengembalikan data dengan file cadangan lokal.

Handphone Anda akan menyimpan file-file cadangan lokal yang dibuat 7 hari terakhir. Makanya Saya tidak menjamin data yang lebih baru bisa kembali.

Google drive sendiri hanya akan menyimpan satu cadangan yang paling baru. Apabila Anda berniat untuk mengembalikan data lokal dan bukan data yang terbaru. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini...

1. Pasang Manajer File.
Saya yakin kebanyakan di handphone sudah di lengkapi. Kalau belum silahkan download aplikasi Manajer File di playstore.

2. Buka Directory Databases WhatsApp
Pada manajer file Anda bisa mulai dengan membuka sdcard/WhatsApp/Databases. Apabila tidak ketemu, coba lihat di penyimpanan internal.

3. Ganti Nama File Ekstensi Crypt12
Rename file cadangan yang sudah di temukan yaitu msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Ekstensinya jangan dirubah, biarkan tetap seperti itu.

4. Pemulihan data WhatsApp
Untuk mengembalikan datanya, Anda bisa copot aplikasi WhatsApp kemudian pasang kembali. Nanti akan diminta untuk klik “Pulihkan”. Klik saja dan tunggu hingga data Anda kembali.

#3. Faktor keberhasilan restore WhatsApp chat


Untuk diperhatikan agar proses restore WhatsApp chat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Gunakan nomor telepon dan akun google yang sama dan sebelumnya sudah di buat.
  2. Perhatikan kapasitas penyimpanan Anda. Terutama penyimpanan internal, pastikan masih cukup ruang di sana. Copot saja aplikasi dan data yang tidak perlu agar ruang penyimpanan lebih longgar.
  3. Usahakan aplikasi Anda up to date, menggunakan playstore yang versi terbaru.
  4. Sumber daya atau baterai usahakan di level maksimal. Jangan sampai putus di tengah jalan karena kehabisan baterai atau drop. Itu sangat parah.
  5. Koneksi internet yang mendukung dan cepat. Usahakan menggunakan wifi hotspot yang lebih cepat. Kalau Anda yakin dengan paket data tidak mengapa asalkan cepat dan stabil.


Anda perlu berhati-hati dengan data Anda. Terkadang terlalu meremehkan hal kecil bisa berakibat fatal. Backup data-data penting Anda. Saya harap artikel ini bisa memberikan manfaat dan solusi bagi Anda.

0 Response to "RESTORE WHATSAPP CHAT, TERBUKTI CARA MENGEMBALIKAN DATA HINGGA 100%"